Sosok Pemimpin yang Luar Biasa



Saat seseorang memutuskan (baik secara sadar atau tidak) untuk mengikuti kepemimpinan anda,keputusan itu terutama karena satu atau dua hal berikut:karakter anda atau kemampuan anda. Mereka ingin memastikan apakah anda adalah seseorang yang pantas mereka ikuti, atau apakah anda memiliki kemampuan untuk membawa mereka padakeberhasilan. Tentu ada banyak pertimbangan, namun kali ini kita akan memusatkan perhatian padadiskusi untuk mengetahui macam-macam karakter yang membuat orang lain mengikuti kepemimpinan anda.
Menurutku pemimpin yang baik atau bahkan luar biasa kemungkinan besar dan insyaallah memiliki sifat-sifat seperti berikut;

1. Integritas.
Integritas adalah melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang anda katakan akan anda lakukan.Integritas membuat anda dapat dipercaya. Integritas membuat orang lain mengandalkan anda.Integritas adalah penepatan janji-janji anda.Satu hal yang membuat sebagian besar orang engganmengikuti anda adalah bila mereka tak sepenuhnya merasa yakin bahwa anda akan membawamereka menuju ke tujuan yang anda janjikan. Apakah anda dikenal sebagai seseorang yangmempunyai integritas? Bila ya, maka anda layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

2 Optimisme.
Takkan ada orang yang mau mengikuti anda bila anda memandang suram masa depan. Merekahanya mau mengikuti seseorang yang bisa melihat masa depan dan memberitahukan pada merekabahwa di depan sana terbentang tempat yang lebih baik, dan mereka dapat mencapai tempat itu.Apakah anda melihat gelas itu separuh kosong? Bila ya, anda adalah seorang pesimis. Apakah andamelihat gelas itu separuh berisi? Bila ya, anda adalah seorang optimis.Apakah anda melihatnya sebagai segelas penuh; yaitu separuh berisi air dan separuh lagi berisiudara? Maka anda adalah seorang yang super optimis. Apakah anda dikenal sebagai seorang yangoptimis? Bila ya, anda layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

3. Menyukai perubahan.
Pemimpin adalah mereka yang melihat adanya kebutuhan akan perubahan, bahkan merekabersedia untuk memicu perubahan itu. Sedangkan pengikut lebih suka untuk tinggal di tempatmereka sendiri. Pemimpin melihat adanya kebaikan di balik perubahan dan mengkomunikasikannyadengan para pengikut mereka. Jika anda tidak berubah, anda takkan tumbuh. Apakah anda andadikenal sebagai seseorang yang memicu perubahan? Jika ya, anda layak menjadi seorangpemimpin yang luar biasa.

4. Berani menghadapi resiko.
Kapan pun kita mencoba sesuatu yang baru, kita mengambil resiko. Keberanian untuk mengambilresiko adalah bagian dari pertumbuhan yang teramat penting.Kebanyak orang menghindari resiko.Karena itu, mereka bukan pemimpin. Para pemimpin menghitung resiko dan keuntungan yang ada dibalik resiko. Mereka mengkomunikasikannya pada pengikut mereka dan melangkah pada hari esokyang lebih baik. Apakah anda dikenal sebagai seorang yang berani mengambil resiko? Jika ya, andalayak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

5. Ulet.
Kecenderungan dari pengikut adalah mereka menyerah saat sesuatunya menjadi sulit. Ketikamereka mencoba untuk yang ke dua atau ke tiga kalinya dan gagal, mereka lalu mencanangkanmotto, “Jika anda gagal di langkah pertama, sudahlah menyerahlah dan lakukan sesuatu yang lain.”Jelas saja mereka melakukan itu, karena mereka bukan pemimpin. Para pemimpin itu tahu apa yangada di balik tembok batu, dan mereka akan selalu berusaha menggapainya. Lalu mereka mengajakorang lain untuk terus berusaha. Apakah anda dikenal sebagai seseorang yang ulet, tangguh, danberdaya tahan tinggi? Jika ya, anda layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

6. Katalistis
Seorang pemimpin adalah seseorang yang secara luar biasa mampu menggerakkan orang lainuntuk melangkah. Mereka bisa mengajak orang lain keluar dari zone kenyamanan dan bergerakmenuju tujuan mereka. Mereka mampu membangkitkan gairah, antusiasme, dan tindakan dari parapengikut. Apakah anda dikenal sebagai seseorang yang mampu menggerakkan orang lain? Jika ya,anda layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

7. Berdedikasi/komit
Para pengikut menginginkan seseorang yang lebih mencurahkan perhatian dan komit ketimbang dirimereka sendiri. Pengikut akan mengikuti pemimpin yang senantiasa bekerja dan berdedikasi karenamereka melihat betapa pentingnya pencapaian tugas-tugas dan tujuan. Apakah anda dikenalsebagai seseorang yang komit dan senantiasa mencurahkan perhatian anda pada tujuan? Jika ya,anda layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

ini hanyalah pendapat kami dan temen blok lain masih banyak pendapat yang berfariasi dan lebih bernilai di luar sana maka, jangan mudah puas dengan anda yang sudah anda raih..

Posted on 27 Maret 2011, in Islami. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: